Rabu, 15 Juli 2015

Tips Agar Mudik Aman dan Nyaman



Mau kegiatan mudik Anda aman dan nyaman?

Masa di mana kota besar yang biasanya penuh sesak, berangsur lengang ketika sebagian penduduknya berbondong-bondong melakukan perjalanan ke kampung halaman mereka masing-masing. Mudik, tradisi yang identik dengan hari raya Idul Fitri ini, menjadi kesempatan bagi para perantau untuk sejenak berkumpul melepas rindu dengan keluarganya.

Nah, untuk memastikan perjalanan Anda tetap aman dan nyaman, berikut tipsnya.

Pastikan rumah dalam keadaan aman
Lakukan double check pada seluruh pintu dan jendela rumah sebelum berangkat, untuk memastikan semuanya sudah tertutup dan terkunci dengan baik. Simpanlah barang-barang berharga di tempat yang aman dan hidupkan lampu teras. Mengamankan listrik dan gas juga tidak kalah penting. Kondisi rumah yang aman juga membuat Anda tenang selama di perjalanan, kan.

Cek kelayakan kendaraan
Kondisi kendaraan menjadi hal yang utama jika Anda hendak mudik dengan kendaraan pribadi. Pastikan Anda memeriksakan kendaraan secara menyeluruh dan membawa perlengkapan peralatan mobil lainnya, seperti kunci roda, ban cadangan, dongkrak dan senter. Letakkan peralatan tersebut di tempat yang mudah dijangkau.

Menjaga stamina
Jangan lupa mempersiapkan stamina dari beberapa hari sebelum mudik, misalnya dengan rutin mengonsumsi vitamin dan tidur yang cukup. Ada baiknya pula, mengambil cuti sehari lebih awal dari rencana melakukan perjalanan. Hal ini memungkinkan Anda beristirahat terlebih dahulu, jadi siap berangkat dalam kondisi tubuh yang fit.

Alat komunikasi
Alat komunikasi yang memadai tidak kalah penting selama Anda melakukan perjalanan. Selain untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya, untuk bermain anak supaya tidak bosan, ponsel akan bermanfaat untuk mencari jalur-jalur alternatif. Belum lagi kalau seketika Anda membutuhkan bantuan di perjalanan. Ingat, perjalanan yang berjam-jam, memungkinkan baterai ponsel Anda habis. Nah, maka jangan lupa mengisi penuh baterai ponsel sebelum Anda berangkat dan mengisinya kembali jika sedang ada di tempat istirahat. Untuk berjaga-jaga Anda bisa membawa power bank.

Bekal makanan
Bawalah bekal makanan, camilan dan air minum yang cukup dan praktis. Membawa makanan sendiri, bisa menghemat waktu perjalanan, karena Anda tidak mesti pusing mencari rumah makan. Selain terjaga kebersihannya, makanan yang dibawa juga bisa disesuaikan dengan selera. Bawa juga perlengkapan makan, misalnya piring plastik, sendok dan garpu. Untuk menjaga kebersihan, sediakan air untuk cuci tangan atau tisu basah.

Persiapan yang matang, pastinya akan memudahkan perjalanan Anda dan keluarga. Utamakan keselamatan, ingat, keluarga Anda menanti.

Selamat hari raya dan selamat berlibur.


image: dreamstime






Tidak ada komentar:

Posting Komentar